• Komodo menggunakan lidahnya untuk mendeteksi rasa dan mencium stimuli, seperti reptil lainnya, dengan indera vomeronasal memanfaatkan organ Jacobson, suatu kemampuan yang dapat membantu navigasi pada saat gelap.
  •  mencinta dunia adalah pangkal dari segala kesalahan…
  • Ibnu Sina (980-1037) telah menulis beberapa buku tentang metode pengumpulan dan penyimpanan tumbuhan obat serta cara pembuatan sediaan obat seperti pil, supositoria, sirup dan menggabungkan pengetahuan pengobatan dari berbagai negara yaitu Yunani, India, Persia, dan Arab untuk menghasilkan pengobatan yang lebih baik.

Sejarah Farmasi http://farmatika.blogspot.com/p/sejarah-farmasi.html#ixzz2PgzX7V7W
  • (terumbu Karang Penghalang Besar)
Tuesday 26 March 2013

Apa Itu Prekusor?


Penyebaran narkoba akhir-akhir ini semakin marak, terakhir saat penulisan artikel ini polisi telah menemukan ratusan butir narkoba jenis Happy Five pada mobil jenis Porsche yang mengalami kecelakaan, ternyata pengembudinya pun positif menggunakan amphetamine.
Sebenernya pemerintah sudah berusaha menanggulangi penyebaran narkoba yaitu dengan dibuatnya PP No. 44 tahun 2010 tentang prekusor. Sedikit pengenalan tentang apa itu prekusor?? dan apa saja bahan prekusor narkotik? nanti akan dibahas di artikel ini.

Prekusor adalah zat atau bahan pemula atau bahan kimia yang dapat digunakan dalam pembuatan Narkotik dan Psikotropik (PP No.44 tahun 2010). Penggunaan istilah prekusor bukan hanya bahan-bahan yang mengandung narkoba, tetapi bisa juga yang membantu proses pembentukan narkoba. perkusor ini bisa sebagai perantara terbentuknya zat lain, atau dapat bekerja sebagai zat asam dalam pementukan garam narkoba.

Tujuan dari pengawasan prekursor adalah terpenuhinya prekursor untuk industry farmasi dan non farmasi, kepentingan pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan pelayanan kesehatan, pencegahan terjadinya penyimpangan dan kebocoran prekursor serta perlindungan kepada masyarakat dari bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan prekursor untuk  pembuatan narkoba.

Penyimpangan bahan kimia prekusor,  seperti Amphetamin Type Stimulant (ATS), yang disalahgunakan untuk produksi ekstasi. Ini berakibat, United Nation Office on Drugs and Crime (UNODC), memasukkan Indonesia sebagai negara yang berkembang menjadi sentra pembuatan bahan sistetis ekstasi (emerging for
the synthesis of ecstasy). Indikasinya dengan banyaknya penyimpangan bahan kimia prekusor
(diversion of precursor chemicals) yang disalahgunakan.
Pengelompokan prekusor narkoba menurut konvensi yang di keluarkan pada tahun 1988 oleh INCB dibagi menjadi dua kelompok yaitu:
Kelompok I
Kelompok II
Acetic Anhydride

Acetone
N-acetylanthranilic Acid

Anthranilic Acid
Ephedrine

Ethyl ethet
Ergometrine

Hydrochloric Acid
Ergotamine

Methyl ethyl ketone
Isosafrole

Phenylacetic Acid
Lysergic Acid

Piperidine
3,4-Mehylenedioxyphenyl-2 propanone

Sulphuric Acid
Norephendrine

Toluene
1-phenyl-2-propanone


Piperonal


Potasium permanganat


Pseudophedrine


Safrole




Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Apa Itu Prekusor?; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment